Senin, 18 November 2019

Titrasi

Titrasi adalah salah satu teknik analisis yang memungkinkan penentuan secara kuantitatif substansi spesifik yang terlarut di dalam sebuah sampel.

berdasarkan jenis reaksi yang terjadi, titrasi dibedakan menjadi titrasi asam basa, titrasi pengendapan, dan titrasi redoks.

pada saat larutan basa sedang ditetesi dengan larutan asam, pH larutan pun akan turun, dan sebaliknya jika larutan asam sedang ditetesi dengan larutan basa, maka pH pun akan naik.

Titrasi kompleksasi
merupakan jenis titrasi dengan reaksi kompleksasi atau pembentukan ion kompleks.biasanya digunakan untuk menganalisa kadar logam pada larutan sampel yang dapat membentuk kompleks dengan larutan standar.

Titrasi Asam Basa
titrasi asam basa merupakan penentuan kadar suatu larutan basa dengan larutan asam yang ingin diketahui kadarnya atau sebaliknya, kadar suatu larutan asam dengan larutan basa yang ingin diketahui, dengan didasarkan pada reaksi netralisasi.
indikator yang biasa digunakan adalah indikator yang dapat memprofilkan perubahan warna pada pH tertentu.

Reaksi Redoks
adalah titrasi suatu larutan standar oksidator dngan suatu reduktor atau sebaliknya. reaksi redoks dapat digunakan dalam analisis volumetri bila memenuhi syarat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar